Pusat Studi Centras IPB University Gelar Pelatihan Formulasi Pakan

Pusat Studi Hewan Tropika (Center for Tropical Animal Studies /Centras) IPB University menggelar pelatihan “Formulation, Production, and Rapid Test of Ruminant Feed Quality”, pekan lalu di Hotel Ibis Style, Bogor. Pelatihan ini digelar berkat kerjasama dengan Direktorat Pakan Kementerian Pertanian.
 
“Pelatihan ini bertujuan mentransfer ilmu dan teknologi pakan mulai dari formulasi, produksi, hingga pengujian mutu pakan, khususnya ternak ruminansia. Pakan adalah salah satu faktor krusial dalam usaha peternakan karena berpengaruh besar terhadap produktivitas ternak,” ujar Prof Nahrowi, Kepala Centras IPB University.
 
Menurutnya, pakan dari segi nutrisi merupakan unsur utama untuk menunjang kebutuhan hidup pokok, pertumbuhan, produksi dan reproduksi ternak. Formulasi pakan yang baik akan menentukan pemenuhan nutrisi yang cukup, sesuai dengan kebutuhan ternak dengan mempertimbangkan harga, ketersediaan dan kualitas bahan pakan tersebut.
 
“Proses produksi pakan yang baik perlu diketahui untuk menunjang kualitas pakan dan secara efektif dapat meningkatkan produktivitas ternak. Selain itu, uji standar mutu pakan sangat penting untuk menjamin bahwa pakan yang diproduksi, diedarkan dan diberikan kepada ternak memiliki kualitas yang baik,” tambahnya.
 
Ia berharap seluruh materi pelatihan ini dapat diimplementasikan oleh seluruh peserta dalam bidangnya masing-masing. “Kemampuan dalam melakukan formulasi, produksi dan pengujian mutu merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin keberlangsungan usaha ternak khususnya ternak ruminansia,” tandasnya.
 
Sementara itu, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) RI, drh Nur Sapta Hidayat mengatakan “Program pelatihan ini sangat membantu pemerintah dalam lingkup pakan, termasuk tiga hal penting dalam pakan salah satunya yakni feed quality.”
 
Wakil Kepala Bidang Penguatan Sumberdaya Kerjasama dan Pengembangan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University ,Prof Ario Damar menambahkan bahwa kegiatan-kegiatan pelatihan dari pusat studi di IPB University didukung penuh oleh LPPM. Diharapkan pelatihan seperti ini menjadi program berkelanjutan dan dapat membantu pemerintah.
 
Pelatihan ini menghadirkan narasumber yang kompeten di bidang formulasi, produksi serta pengujian pakan. Mereka adalah Dr Idat Galih Permana, Intan Nursiam, SPt, MSi, Budiman, Prof Nahrowi, Akhyarudin, SPt, drh M Syukron Amin, MSi dan Dr M Ridla. Pelatihan diikuti oleh 18 peserta dari berbagai instansi pemerintah, universitas, swasta dan umum dari berbagai kota dan provinsi di Indonesia