Deskripsi Singkat Pusat

Latar Belakang
Permintaan produk asal ternak terus meningkat sejalan dengan pertambahan penduduk, meningkatnya kesadaran masyarakat akan gizi dan pendapatan masyarakat yang semakin tinggi. Namun, produksi peternakan belum berkembang maksimal yang ditunjukkan oleh berlanjutnya impor produk-produk peternakan. Potensi ternak-ternak lokal perlu dikembangkan karena lebih tahan dan telah beradaptasi pada iklim tropis. Namun sampai saat ini produksinya belum maksimal karena penelitian untuk meningkatkan potensi produktivitas belum maksimal. Disamping itu, Indonesia juga memiliki hewan-hewan endemik yang sangat beragam yang perlu ditingkatkan daya gunanya untuk kesejahteraan masyarakat.

Institut Pertanian Bogor sebagai lembaga pendidikan tinggi yang mencetak insan pertanian sangat peduli terhadap perubahan-perubahan yang terjadi saat ini serta berkepentingan untuk lebih berperan dalam mengantisipasi keadaan di masa mendatang. Kepedulian ini diwujudkan dalam pembentukan suatu Pusat Studi Hewan Tropika (PSHT) atau Center for Tropical Animal Studies (CENTRAS) – LPPM IPB yang menangani masalah hewan dan ternak tropika Indonesia secara terpadu.
CENTRAS didirikan berdasarkan SK. Rektor IPB No. 061/K13/OT/2005 dengan semangat guna memanfaatkan dan mengembangkan sumberdaya hayati, khususnya sumberdaya hewan baik berupa ternak maupun satwa liar yang berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber pangan, sandang, energi dan ekowisata.

Leave a Reply